Sekilas

MEMBUTUHKAN TAS SOUVENIR ATAU TAS PROMOSI YANG UKURAN,CETAK,WARNA CUSTOM SILAHKAN KUNJUNGI: www.souvenirtas.com

Rabu, 12 Januari 2011

KAMAJAYA dan KAMARATIH



Kisah pewayangan kamanjaya dan kamaratih memang begitu tenar dibanding rama dan shinta atau arjuna dan srikandi,tapi kisah ini juga tidak kalah menarik.Namun kisah Kamajaya-Kamaratih sangat menginspirasi beberapa kelompok masyarakat. Di Jawa, Kamajaya-Kamaratih dianggap sebagai simbol kerukunan suami istri.

Pada pesta perkawinan masyarakat jawa sering terdengar wejangan agar suami istri saling mencintai,rukun dan setia seperti kisah kamanjaya dan kamaratih.bahkan jika pasangan itu punya anak mempunyai sifat-sifat seperti kamanjaya jika laki-laki dan secantik kamaratih jika anaknya perempuan.Hal ini terwujud dalam upacara mitoni atau tujuh bulanan.Pada acara tersebut, sang ayah akan memecahkan buah kelapa muda yang telah diberi tulisan Kamajaya, sebagai simbol dari buah cinta.

Kisah mengenai batara kamanjaya dan dewi ratih termuat dalam sebuah buku smaradhana dan ditulis Empu Dharmaja pada masa kerajaan Kediri.Smaradhana mempunyai makna yaitu (smara=asmara,dahana=api ) menceritakan kisah dewi ratih yang terbakar bersama suaminya oleh dewa siwa (Batara Guru)pada ssat melaksanakan tugas dari para dewa.Ceritanya suatu hari khayangan akan diserang oleh kerajaan raksasa yang dipimpin oleh Raja Nilarudraka yang sangat sakti. Semua dewa tidak ada yang mampu menandingi kesaktian Raja Nilarudraka. Yang mampu mengatasi keadaan ini adalah Batara Guru yang merupakan raja para dewa. Namun sayang, pada saat itu Batara Guru sedang pergi bertapa. Para dewa berunding dan disepakati bahwa Batara Guru harus dibangunkan dari tapanya. Akhirnya disepakati bahwa Kamajaya ditugaskan untuk membangunkan Batara Guru.

Sesampainya ditempat pertapaan dia menggunakan panah bunga yang mengeluarkan wangi-wangian akan tetapi itu tidak mempan akhirnya kamanjaya menggunakan panah panca wisaya yang dapat membangkitkan rasa rindu.setelah panah dilepaskan dewa wisnu rasa rindu akan istrinya dewi uma pun bangkit dan akhirnya pun dia bangun tapi setelah dibangun bukan istrinya yang dilihat,tapi kamanjaya akhirnya batara guru marah dan membakar kamanjaya dengan kekuatannya.Mendengar cerita itu Dewi ratih sedih dan dia pergi ke tempat suaminya terbakar.Maksud hati dia ingin meminta Batara guru juga membakarnya bersama kamanjaya,tapi batara guru menolaknya.Dewi ratih pun menghampiri suaminya dan ikut terbakar bersama.

Atas kejadiaan ini para dewa bersedih dan meminta Batara guru menghidupkan kembali kamaratih dan kamanjaya yapi batara guru menolak,namun batara guru membuat roh kamanjaya dapat tinggal dihati anak laki-laki dan roh kamaratih hidup disetiap hati anak perempuan.Begitulah kisah cinta kamanjaya dan kamaratih kisah yang sangat mengharukan dan pembuktiaan bahwa cinta sejati adalah dimana kita rela berkorban

Tidak ada komentar: