Sekilas

MEMBUTUHKAN TAS SOUVENIR ATAU TAS PROMOSI YANG UKURAN,CETAK,WARNA CUSTOM SILAHKAN KUNJUNGI: www.souvenirtas.com

Senin, 14 Maret 2011

Arti Motif Batik

Batik adalah satu peninggalan seni dan keindahan jaman lampau,tapi tahukah anda dibalik motif-motif batik terdapat makna atau arti tersendiri yang berkaitan dengan bagaimana kita bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan sesama.

1.Motif Parang atau Parang Rusak.
Parang dari asal kata pereng yaitu lereng,perengan menggambarkan garis menurun dari tinggi kerendah secara diagonal susunan motif leter s yang saling menjalin yang menggambarkan kesinambungan antara sesama.Bentuk dasar leter s diambil dari gelombang samudra yang artinya semangat tak pernah padam.Motif ini merupakan motif dasar yang paling tua.Di masa lalu, motif parang sangat dikeramatkan dan hanya dipakai oleh kalangan tertentu, serta dalam acara-acara tertentu saja. Misalnya, digunakan oleh senapati keraton yang pulang dari berperang dengan membawa kemenangan.Sedang untuk Parang Rusak, motif ini hanya digunakan oleh para bangsawan pada masa dahulu untuk upacara-upacara kenegaraan. Parang Rusak mempunyai arti perang atau menyingkirkan segala yang rusak, atau melawan segala macam godaan. Motif ini mengajarkan agar sebagai manusia mempunyai watak dan perilaku yang berbudi luhur sehingga dapat mengendalikan segala godaan dan nafsu.

2.Motif Megamendung adalah salah satu motif yang terkenal di Indonesia khususnya daerah cirebon motif ini mempunyai makna yang digambarkan pada bentuk megamendung bisa kita lihat garis lengkung yang beraturan secara teratur dari bentuk garis lengkung yang paling dalam (mengecil) kemudian melebar keluar (membesar) menunjukkan gerak yang teratur harmonis. Bisa dikatakan bahwa garis lengkung yang beraturan ini membawa pesan moral dalam kehidupan manusia yang selalu berubah (naik dan turun) kemudian berkembang keluar untuk mencari jati diri (belajar/menjalani kehidupan sosial agama) dan pada akhirnya membawa dirinya memasuki dunia baru menuju kembali kedalam penyatuan diri setelah melalui pasang surut (naik dan turun) pada akhirnya kembali ke asalnya (sunnatullah). Sehingga bisa kita lihat bentuk megamendung selalu terbentuk dari lengkungan kecil yang bergerak membesar terus keluar dan pada akhirnya harus kembali lagi menjadi putaran kecil namun tidak boleh terputus.

3.Motif Beras Kecer motif yang cukup terkenal di Solo selain motif parang.Motif yang berbentuk butiran-butiran menyerupai beras yang disebar sesuai dengan namanya Beras kecer (Beras Berserakkan).Motif ini mempunyai makna pengharapan untuk kemakmuran dan kelimpahan rejeki demi kesejahteraan

4.Motif Sido-Mukti motif yang biasanya digunakan oleh pengantin pria dan wanita diacara perkawinan.Sido memiliki arti terus-menerus atau menjadi dan mukti berarti Hidup dalam berkecukupan dan kebahagiaan.

Sebenernya masih banyak motif-motif yang belum terjelaskan karena pengetahuan masih dangkal mohon maaf.Tulisan ini saya buat untuk turut melestarikan yg merupakan cagar budaya yaitu Kain Batik

Tidak ada komentar: