Sekilas

MEMBUTUHKAN TAS SOUVENIR ATAU TAS PROMOSI YANG UKURAN,CETAK,WARNA CUSTOM SILAHKAN KUNJUNGI: www.souvenirtas.com

Senin, 14 Maret 2011

Mengenal SRIKANDI

Siapa yang tak kenal tokoh yang satu ini Ksatria Wanita yang gagah dan pemberani istri dari salah satu Pandawa Lima yaitu Arjuna.Berikut ada Srikandi 2 versi...Versi jawa/indonesia dan Versi India.

*Srikandi Versi Jawa/Indonesia:

Menurut kisah pewayangan jawa Srikandi lahir karena keinginan orang tuanya yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati mereka menginginkan anak dengan kelahiran normal.Sebelumnya kedua kakaknya dilahirkan melalui Puja semadi.Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.Srikandi sangat pandai dalam peperangan dan dia sangat mahir menggunakan Panah,kepandaiannya itu dia dapat dari gurunya Arjuna yang akhirnya jadi suaminya.Perkawinannya dengan Arjuna tidak dikarunia Putera.

Srikandi menjadi suri tauladan prajurit wanita.Srikandi menjadi penanggung jawab keamanan dan keselamatan ksatrian madukara dengan segala isinya,dalam peperangan Baratayudha dia mampu membunuh bisma.Akhir hayatnya Srikandi dibunuh oleh Aswatama setelah berakhirnya perang sedangkan dalam cerita versi india,Srikandi dibunuh pada hari ke-18 Bharatayudha.

Srikandi versi India:

Srikandi atau Sikandin adalah salah satu putera Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala yang muncul dalam kisah wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Ia merupakan penitisan Dewi Amba yang tewas karena panah Bisma. Dalam kitab Mahabharata ia diceritakan lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi pewayangan Jawa terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan Jawa ia dikisahkan menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata versi India.

Dalam bahasa Sanskerta, Srikandi dieja Śikhaṇḍin, bentuk femininnya adalah Śikhaṇḍinī. Secara harfiah, kata Śikhandin atau Śikhandini berarti "memiliki rumbai-rumbai" atau "yang memiliki jambul".Dalam versi India Srikandi adalah renkarnasi Dewi Amba.Versi India Srikandi digunakan sebagai umpan untuk memancing Bisma,karena bisma tak ingin menyerang wanita dan dia menjatuhkan senjatanya.Kesempatan itu pun langsung digunakan Arjuna untuk memukul telak Bisma Hingga tersungkur dan mati

Kisah Pewayangan memang bukan milik Indonesia tapi leluhur kisah wayang adalah dari india dan wayang jawa adalah gubahan,kalo Di india diisi dengan inti ajaran Hindu sedangkan Di Jawa/Indonesia diisi dengan ajaran keTauhidan

Tidak ada komentar: