Sekilas

MEMBUTUHKAN TAS SOUVENIR ATAU TAS PROMOSI YANG UKURAN,CETAK,WARNA CUSTOM SILAHKAN KUNJUNGI: www.souvenirtas.com

Minggu, 20 Februari 2011

Tips merawat souvenir dari kain songket

Kain songket merupakan salah satu benda seni sama seperti halnya dengan batik,kain songket biasanya cara pembuatanya dengan cara ditenun.kain Tenun songket yang paling terkenal adalah dari Palembang.Kain tenun songket yang asli terbuat dari bahan sutra.Untuk menghasilkan sehelai kain tenun memerlukan waktu yang lama bahkan kalau dengan motif-motif rumit bisa berbulan-bulan lamanya.Kain Songket tenun juga rawan rusak berikut beberpa tips untuk menjaga cinderamata atau benda lain yang terbuat dari kain tenun.

1.Kain Songket tidak dianjurkan untuk dicuci agar benangnya tidak rusak dan apa bila terpaksa harus dicuci cukup dicuci dengan pelembut saja setelah dicuci jangan dikeringkan dibawah matahari langsung cukup diangin-anginin.

2.Apabila setelah dipakai sebaiknya diangin-anginin dulu sebelum disimpan

3.Dalam penyimpanannya,kain songket jangan dilipat supaya sulaman tidak rusak benangnya,lebih baik dalam penyimpanan digulung dengan paralon atau pipa yang sebelumnya dilapisi kertas karton atau kertas minyak.Kalau perlu dimasukan akar wangi supaya tetap berbau wangi.

4.Keluarkan kain songket dari penyimpanan sebulan sekali apabila sudah lama tidak dipakai untuk diangin-anginin

Semoga tips ini bermanfaat dan dapat menjadi solusi bagi para pecinta kain songket buat merawat kain warisan budaya ini.

1 komentar:

alrisjualan mengatakan...

Tips-nya pasti bermanfaat bagi pecinta songket. Makasih udah berbagi.
Salam,
http://alrisblog.wordpress.com